Suami Istri LDR? Yuk Simak 4 Tips Ini Agar Tetap Harmonis

Published by Nurul Khasanah
Pnw production 8575603
Pnw production 8575603

Setiap pasangan yang telah menikah tentu menginginkan tinggal seatap dan melakukan apapun bersama-sama setiap hari. Namun, kadang realita tak sesuai ekspektasi. Ada yang setelah menikah harus dipisahkan oleh ruang dan waktu dengan berbagai alasan. Salah satunya karena tuntutan pekerjaan mengharuskan suami maupun istri tinggal di kota yang berbeda.

Namanya juga kehidupan pernikahan, jadi wajar jika ada masalah didalamnya. Kandang yang tinggal bersama saja bisa tercipta masalah dan membuat hubungan rumah tangga kandas. Apalagi jika suami dan istri harus menjalani long distance relationship (LDR), pasti kemungkinan besar masalah lebih banyak muncul.

Lantas bagaimana agar hubungan sumia istri tetap harmonis meski LDR? Yuk simak tips berikut.

https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-pasangan-cinta-wanita-4873546/
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-pasangan-cinta-wanita-4873546/


Buat komitmen

Ada baiknya jika Anda dan pasangan membuat komitmen ulang sebelum LDR. Terutama jika Anda sudah biasa tinggal bersama. Karena komitmen di awal pernikahan saja tak cukup lho. Perlu beberapa hal dikondisikan sesuai kondisi saat ini.

Misal, sebelumnya suami bekerja satu kota dengan istri dan ternyata harus pindah kerja di luar kota. Jelas, beberapa kebiasaan pasti berubah dan perlu dibicarakan dari hati ke hati. Mulai dari apa yang sebaiknya dilakukan suami istri jika berjauhan, jadwal video call, pulang ke kota asal, sampai masalah keuangan juga perlu dibahas.

Jadi, dengan adanya komitmen ini bisa membuat hubungan suami istri tetap terjalin dengan baik. Kalau perlu buat to do list agar kebiasaan yang baru dibangun ini dapat berjalan lancar.

Komunikasi berkualitas

Komunikasi sering kali menjadi salah satu sebab masalah tercipta dalam rumah tangga. Baik tinggal seatap maupun terpisah oleh ruang dan waktu. Mengingat pernikahan adalah komitmen seumur hidup, maka alangkah baiknya jika komunikasi dengan pasangan tetap terjalin. Terutama anda dan pasangan yang sedang menjalankan LDR.

Nggak harus setiap menit kok buat saling menginfokan kabar. Bisa sekali sehari dengan durasi satu jam menjelang tidur sekalian pillow talk lewat telpon atau video dan pesan di jam-jam tertentu. Mengingat tujuan komunikasi ini agar Anda dan pasangan tetap terhubung satu sama lain. Jadi, jika pasanganmu tidak berkabar, jangan gengsi untuk menghubunginya.

Bangun kepercayaan

Salah satu hal tersulit saat menjalin LDR adalah kepercayaan, terutama untuk pasangan yang gampang cemburu. Alangkah baiknya agar kepercayaan ini bisa bertahan, saling cerita aktifitas setiap hari kepada pasangan. Memang terdengar sepele, namun dari kejujuran ini diharapkan kepercayaan ini akan semakin kuat. Sehingga tidak ada lagi pikiran negatif tentang pasangan.

Bahkan, jika perlu anda bisa menceritakan seluruh rasa yang anda rasakan kepada pasangan. Yang perlu diingat, saat sebuah kepercayaan itu hancur, sangat susah untuk dikembalikan. Seperti kaca yang sudah pecah dan tidak akan pernah kembali utuh saat disatukan.

Quality time bersama

Tips terpenting selanjutnya adalah quality time bersama. Usahakan membuat jadwal rutin ketemu, baik saat pasangan sedang pulang atau Anda yang mengunjungi pasangan ke tempat tinggalnya selama bekerja. Misal sudah memiliki anak, bisa memanfaatkan waktu dengan liburan bersama.

Harapannya tentu agar anda dan pasangan semakin dekat secara nyata, bukan sekedar dunia maya ketika tanya kabar lewat gawai setiap harinya. Kalau perlu buat kejutan kecil-kecilan agar pasangan merasa terkesan.

Nah itu dia beberapa tips agar tetap harmonis meski LDR. Semoga bermanfaat.


...
Published by Nurul Khasanah

Latest Stories

Here’s what we've been up to recently.

Hubungi Kami 💬

Customer Happiness
Zul
Online