5 Tips Memilih Kos-kosan untuk Pasutri

Published by Nurul Khasanah
Blue bird 7217785
Blue bird 7217785

Memilih tinggal terpisah dengan orang tua setelah menikah memang dapat membuat Anda dan pasangan bisa lebih mandiri. Terutama bagi pasutri baru, tinggal terpisah dapat meminimalisir konflik yang seringkali muncul antara menantu dan mertua maupun menantu dan saudara ipar.

Tempat tinggal yang dipilih gak harus rumah mewah atau apartemen maha. Anda dan pasangan bisa memilih tempat sesuai budget. Jika ingin lebih murah dan hemat, kos-kosan pasutri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berikut tips agar tidak salah pilih kos-kosan dan bisa tinggal dengan nyaman dari Nikahane.id

https://www.pexels.com/id-id/foto/cerah-pasangan-hubungan-rumah-4245903/
https://www.pexels.com/id-id/foto/cerah-pasangan-hubungan-rumah-4245903/

Harga

Menentukan range harga kos harus ditentukan sejak awal sebelum mencari kos. Tentu setelah Anda dan pasangan melakukan kesepakatan dan menghitung bersama-bersama estimasi pemasukan maupun pengeluaran yang diinginkan setiap bulan.

Harga kos pasti beragam, tapi sebaiknya pilihlah harga yang terjangkau. Umumnya untuk kost pasutri di Surabaya dan sekitarnya harganya mulai dari 800 ribu. Umumnya, harga ditentukan oleh ukuran, lokasi, dan pastinya fasilitas. Jika ingin kos luas dengan fasilitas lengkap, tentu harga menyesuaikan.

Misal kos luas, memiliki perabot lengkap, kamar mandi dalam, tersedia dapur baik di dalam kamar maupun dapur umum, menggunakan AC, dan terletak di tengah kota. Harganya bisa lebih dari 2 juta, tapi biasanya ini belum listrik dan air.

Lokasi strategis

Memilih lokasi yang strategis sangat penting. Selain dapat menghemat tenaga karena akses kemana-mana mudah, juga dapat menghemat dana. Jadi sebaiknya pilihlah kos yang dekat dengan tempat kerja, jika anda dan pasangan satu kantor atau istri tidak bekerja. Namun misal sama-sama bekerja, bisa memilih kos ditengah-tengah.

Sebaiknya lokasinya memiliki sirkulasi udara yang baik, dekat dengan berbagai fasilitas publik, aman, dan bebas banjir. Mengingat ketika musim hujan tiba, beberapa titik di kota tempat Anda tinggal mungkin menjadi langganan banjir.

Kamar mandi dalam

Memang benar, ada beberapa kos pasutri yang memiliki kamar mandi luar dan digunakan bersama penghuni lain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya Anda dan pasangan memilih kos kamar mandi dalam agar lebih leluasa penggunaannya dan privasi dengan pasangan terjaga.

Ukuran luas

Kos dengan ukuran luas tentu memiliki nilai plus. Selain membuat Anda dan pasangan lebih leluasa dalam beraktivitas, ruang berlebih ini bisa dimanfaatkan untuk aktifitas lainnya, misal ruang kerja WFH. Sehingga Anda dan pasangan dapat bekerja daring dengan nyaman. Selain itu, ruang berlebih ini bisa digunakan jika ada keluarga yang menginap.

Fasilitas memadai

Semakin lengkap fasilitas sebuah kos-kosan, harga pasti lebih mahal. Mengingat dengan adanya banyak fasilitas yang diperoleh, Anda dan pasangan tidak terlalu repot-repot redesign ulang kamar atau membeli perlengkapan dan mengeluarkan dana lebih.

Namun, jika budget memang terbatas pilih tempat yang memiliki akses mudah untuk keluar masuk. Tersedia juga lahan parkir yang memadai. Sehingga tidak kebingungan mau parkir dimana atau harus mengeluarkan uang tambahan untuk sewa parkir.

Selain itu, perhatikan ketersediaan air di calon kos anda. Apakah sering terjadi masalah seperti PDAM mati hingga hanya menyala di jam-jam tertentu. Meskipun sepele kondisi ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas saat tinggal nanti.

Oh ya, di beberapa kost pasutri disediakan fasilitas dapur. Ada yang di dalam kamar atau di luar untuk digunakan bersama tetangga kos. Tetapi jika tidak ada, tenang saja karena Anda masih dapat memesan makanan lewat aplikasi ojek online.

Nah, itu dia tips untuk para pasutri yang bingung saat akan memilih kos. Semoga membantu.

...
Published by Nurul Khasanah

Latest Stories

Here’s what we've been up to recently.

Hubungi Kami 💬

Customer Happiness
Zul
Online