7 Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Pernikahan

Published by Tim Nikahane
Adat keagamaan bali
Adat keagamaan bali

Menjelang pernikahan kamu dan pasangan tentu disibukan dengan banyak persiapan agar pernikahan berjalan dengan baik dan lancar. Namun, tak jarang sebagai seorang pengantin lupa memperhatikan kesehatannya karena terlalu sibuk.

Nah, berikut ini tips sederhana agar kesehatan pengantin tetap terjaga saat hari H. Jadi, tetap membuat tampilan segar dan menawan.

https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-fashion-fesyen-pria-3650423/

Konsumsi makanan dan minuman sehat

Biasanya demi menjaga penampilan tubuh sesuai dengan pakaian yang sudah dipesan, membuat calon pengantin mengurangi porsi makan. Sehingga, tak jarang mereka memilih mengurangi porsi makan dan minum. Bahkan kadang ada yang asal makan hanya sebagai syarat mereka telah makan.

Namun, jika kondisi ini terus terjadi bisa-bisa tubuh makin kekurangan gizi. Apalagi saat diet ketat tubuh tak terbiasa. Maka, agar tubuh tetap sehat dan bugar pastikan makanan maupun minuman yang dikonsumsi memang memiliki gizi cukup. Seperti memperbanyak buah dan sayur.

Olahraga teratur

Buatlah jadwal untuk menyempatkan tubuh menikmati olahraga meskipun hanya setengah jam hingga satu jam. Selain agar tubuh makin fit, tentu demi menjaga berat badan serta meningkatkan imun tubuh.

Kamu bisa memilih olahraga ringan yang kamu lakukan di rumah atau sekitar rumah. Seperti senam, berenang, berlari hingga bersepeda. Namun pastikan tetap melakukan pemanasan ya demi menghindari cidera. Dan mulailah melakukan olahraga satu bulan sebelum pernikahan minimal 2,5 jam seminggu.

Tidur yang cukup

Hindari mengorbankan waktu tidur untuk mempersiapkan pernikahan agar terlihat sempurna. Padahal tubuh fit saat hari H adalah bagian terpenting. Jadi, pastikan tidurmu selama 7-9 jam per hari sehingga lebih berkualitas.

Kelola Stres

Stres menjelang pernikahan memang susah dihindari. Maka dari itu, pastikan kamu selalu tidur cukup dan teratur. Melakukan meditasi untuk meregangkan otot dan merilekskan pikiran.

Jika perlu, sampaikan keluhan ini pada keluarga atau psikiater agar kamu dapat solusi dan pastinya beban beratmu secara tak langsung berkurang. Dengan cara ini dapat dipastikan kamu bisa tampil di hari H dengan kondisi segar dan fit.

Konsumsi vitamin

Meskipun sudah mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, tetap ada kemungkinan kekurangan vitamin. Jadi sebaiknya diskusikan dengan dokter untuk memilih vitamin yang tepat sesuai kondisi tubuhmu.

Bahkan ada juga lho memilih injeksi vitamin C beberapa hari sebelum hari H agar tidak gampang sakit dan lelah. Namun, kamu juga harus memperhatikan asupan vitamin lainnya agar seimbang ya. Seperti vitamin A, B, dan D.

Perawatan tubuh

Agar penampilan saat hari H segar, sangat disarankan kamu melakukan perawatan tubuh yang dibutuhkan saja. Dan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sehingga tidak mengganggu waktu istirahat menjelang pernikahan. Kamu bisa memilih perawatan spa, peeling, masker wajah hingga waxing di salon langgananmu agar hasilnya maksimal.

Jangan asal pakai makeup

Biasanya sebelum hari pernikahan tiba calon pengantin wanita akan memperoleh seserahan dan salah satunya makeup. Nah, demi menghindari masalah wajah yang serius seperti ruam dan gatal, pastikan kamu tidak langsung mencoba makeup tersebut apalagi memiliki merek lain dengan milikmu. Dan jangan lupa selalu membersihkan make up sebelum tidur untuk menghindari iritasi pada wajahmu.

Nah, itu dia beberapa tips menjaga kesehatan agar tubuh makin tampil fit saat pernikahan. Bukan hanya tampilan secara fisik saja, tapi batin juga harus diperhatikan agar terlihat fresh. Serta sebaiknya hindari menjadi perokok aktif maupun pasif demi tampilan lebih maksimal.

...
Published by Tim Nikahane

Latest Stories

Here’s what we've been up to recently.