7 Ide Hantaran Lamaran dan Pernikahan

Published by Tim Nikahane
Pexels maryam 7250143
Pexels maryam 7250143

Ketika melakukan lamaran atau pernikahan seringkali calon mempelai pria membawa seserahan untuk calon mempelai wanita. Budaya ini sudah sangat kental di masyarakat, sampai-sampai jika tak ada seserahan kurang lengkap. Mengingat sejarah juga mengandung makna bahwa si calon pria sudah siap menjadi kepala keluarga dan menanggung seluruh hidup si calon istri.

Saat ini juga banyak seserahan by request calon mempelai wanita. Sehingga bisa langsung dipakai tanpa khawatir mubazir. Berikut ide seserahan yang umumnya dipilih untuk lamaran atau pernikahan.

https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-romantis-meja-tulis-jam-tangan-4513817/
https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-romantis-meja-tulis-jam-tangan-4513817/


Peralatan dan perlengkapan ibadah

Hal pertama yang wajib Anda pilih untuk hantaran adalah perlengkapan ibadah calon pasanganmu. Perlengkapan ibadah ini bisa disesuaikan dengan agama mu maupun pasangan ya. Apalagi seserahan ini mengandung makna dalam.

Misal seorang muslim, berupa peralatan sholat dan alquran. Maksudnya pernikahan dilaksanakan dengan tumpuan nilai-nilai agama. Secara simbolis berupa harapan bahwa mempelai pria dapat menuntun istri kelak ke jalan yang benar. Sedangkan Al-quran bisa memberikan pedoman maupun petunjuk saat menjalani kehidupan pasca-pernikahan nanti.

Perhiasan

Hantaran kedua yang wajib adalah perhiasan. Nggak harus lengkap satu set perhiasan bertabur berlian dengan harga ratusan juta. Bisa memilih perhiasan biasa tapi tetap terbuat dari emas.

Jika dirasa tak mampu membeli satu set, bisa memilih beberapa perhiasan saja. Baik itu Kalung, anting, gelang atau cincin. Intinya semampunya saja, jangan sampai demi terlihat wow lantas hutang. Bukannya bahagia malah pusing mikirin tagihan, kan gak seru.

Setelan pakaian

Salah satu harapan dari hantaran berupa setelah pakaian supaya rahasia dalam rumah tangga dapat tersimpan dengan rapat. Cukup Anda dan pasangan saja. Biasanya hantaran ini berisi pakaian dalam, pakaian tidur atau pakaian kerja. Ada juga hantaran pakaian muslimah dengan harapan istri saat menikah menutup aurat. Jadi mau pilih yang mana?

Skincare dan make up

Umumnya untuk seserahan yang satu ini by request si calon perempuan. Mengingat skincare dan make up merupakan preferensi pribadi. Sehingga harus sesuai kebutuhan sang wanita agar dapat dipakai setiap harinya. Hantaran ini juga mengandung makna bahwa istri nantinya dapat merawat diri dan berpenampilan anggun maupun cantik dihadapan suami.

Alas kaki

Memiliki makna bahwa si mempelai pria wanita diharapkan mampu menjalani kehidupan dengan langkah mantap dan pastinya dijalan yang benar. Anda bisa memilih alas kaki sesuai permintaan pasangan juga. Baik itu sandal maupun sepatu, yang pasti ukurannya sudah pas dengannya.

Tas

Mengandung makna jika calon suami mampu menafkahi calon istri. Bukan hanya keperluan pangan, tapi juga sandang serta aksesorisnya. Salah satunya tentu hantaran berupa tas. Agar tas ini menjadi salah satu favorit pasangan, Anda bisa menanyakan dulu tas impiannya.

Jajan tradisional

Pasti sudah biasa bertemu jajanan tradisional dalam pernikahan. Bukan hanya untuk suguhan, juga menjadi bagian hantaran. Jika di pulau Jawa jajanan seperti jenang, lemper, tetel atau kue lapis. Ternyata jajan yang lengket ini mengandung makna dalam lho. Berharap si pasangan bisa terus lengket hingga maut memisahkan. Sedangkan sesama besan tetap menjalin silaturahmi sampai kapanpun.

Nah, itu beberapa ide hantaran yang bisa dipilih untuk lamaran atau pernikahan. Kira-kira hantaran apa lagi ya? Yuk komen.

...
Published by Tim Nikahane

Latest Stories

Here’s what we've been up to recently.