11 Ide Mahar Anti Mainstream untuk Pernikahanmu

Published by Tim Nikahane
Cinfin dan bunga
Cinfin dan bunga

Mahar atau mas kawin menjadi bagian penting dalam akad nikah. Membuktikan bahwa mempelai pria serius berniat meminang mempelai wanita dan memuliakannya. Adanya mahar itu wajib. Namun jenis dan jumlahnya bebas, intinya tidak memberatkan mempelai pria.

Nah, agar ijab kabulmu semakin berkesan, bisa lho memilih mahar di bawah ini:

Seperangkat alat salat dan quran

Kita sering menemui mahar ini saat ijab kabul dilaksanakan. Selain mudah mencarinya, harapannya bisa meningkatkan ibadah istri saat menikah dan menjadi amal untuk suami. Dan jika memungkinkan bisa lho diturunkan ke anak cucu sebagai benda bersejarah keluarga.

Hafalan surah quran

Bagi sebagian orang, hafalan surah menjadi mahar berharga tak ada tandingannya. Mengingat, proses menghafal ayat-ayat quran bisa dibilang susah dan memakan waktu berbulan-bulan hingga tahunan.

Jadi, meminta mas kawin ini kepada calon suamimu enggak ada salahnya. Dan biasanya surah yang dipilih adalah surah Ar-Rahman. Namun, jika sudah ada mahar utama, tidak masalah memintanya tambahan hafalan surah, asal calon suami sudah setuju.

Uang

Memang bukan rahasia umum lagi uang menjadi mahar para pasangan pengantin. Bahkan ada yang besar nominalnya sesuai tanggal pernikahan enggak sampe ratusan ribu. Dan menjadikannya dalam kolase-kolase cantik untuk dipajang. Jika uang koin yang dipakai tidak masalah, namun jika uang kertas, sebaiknya hindari melipat uang secara berlebih.

Buku tabungan

Jika menganggap mahar berupa uang tunai terlalu biasa, kamu bisa lho memilih buku tabungan include kartu debitnya. Selain lebih unik dan simple, tentu bermanfaat untuk kebutuhan rumah tangga di masa mendatang.

https://www.pexels.com/id-id/foto/aksesoris-lapis-emas-248077/

Emas

Harga emas memang naik turun. Tapi ternyata bisa lho dijadikan sebagai mahar untuk akad. Tinggal pilih mau yang berapa gram dan karat. Mau batangan atau sudah menjadi bentuk perhiasan cincin atau kalung.

Tiket perjalanan

Memberikan mahar berupa tiket perjalanan kenapa enggak? Karena bukan hanya bisa liburan, juga bulan madu dengan pasangan. Seperti pepatah Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Kamera

Mengabadikan seluruh perjalanan rumah tangga setelah halal tentu lebih menarik. Apalagi menggunakan mahar dari suami tercinta. Jadi boleh nih memilih kamera satu set dengan lensa sebagai mas kawin. Tentu akan awet puluhan tahun.

Buku

Untuk mengarungi sebuah rumah tangga tentu banyak yang harus dipelajari. Terutama para istri yang nantinya menjadi madrasah pertama para anak-anaknya. Nah, biar makin mantap ilmunya, memilih buku seputar rumah tangga sebagai mahar kenapa tidak? Namun, jika ingin menjadikan buku fiksi juga tak masalah. Asal memiliki manfaat saat dibaca.

Hewan Ternak

Memanfaatkan hewan ternak sebagai mahar boleh dipilih nih. Selain bisa untung di masa depan juga berguna untuk akikah anak ketika lahiran. Jadi mau pilih kambing atau sapi?

Alat transportasi

Di masa sekarang tentu membutuhkan transportasi untuk mengunjungi berbagai tempat. Maka dari itu, menjadikan kendaraan sebagai mahar tentu sangat menarik. Selain bisa berguna sebagai transportasi, juga investasi. Jadi mau pilih motor atau mobil?

Gadget

Mau tetap terhubung dengan pasangan dimanapun? Bisa lho memilih gadget sebagai mahar pernikahan. Entah berupa ponsel, tab ataupun laptop yang jelas mereka sangat bermanfaat. Bahkan bisa digunakan sebagai alat untuk menambah pemasukan keluarga.

Nah, itu dia mahar untuk pernikahan. Mau pilih yang mana nih? Atau punya pilihan lain? Boleh dong di share.

...
Published by Tim Nikahane

Latest Stories

Here’s what we've been up to recently.